Pengenalan echo pada PHP

23:40

Hallo, kembali lagi bersama segalacoding. Kali ini saya akan memberikan apa yang dimaksud dengan echo pada PHP. echo pada PHP adalah untuk menampilkan sebuah text / hasil output pada website tersebut. Biasanya echo ini sering digunakan untuk output menampilkan sebuah data yang sebulmnya kita input didalam database. Kalau masih bingung yu coba kita praktekan dengan seksama. 
Untuk melakukan hal diatas terlebih dahulu kita persiapkan apa saja untuk memulainya.

Persiapan :
1. Pastikan anda mempunyai text editor (Software untuk membuat dokumen HTML) contoh text editor : notepad ++, sublime text, Adobe Dreamweaver dll.
2. Browser yang ingin digunakan
3. Xampp

Langkah - Langkah : 

1. Buka Xampp terlebih dahulu (Ingat xampp posisi dalam keadaan sudah diinstalisasi dan sudah dijalankan dengan baik dan benar).
2. Buka text editor kalian
3. Berikut dibawah ini terdapat sebuah script sederhana gabungan antara PHP yang dapat kalian ikuti :
 
<?php 
  echo "Ini adalah fungsi dari PHP";
?>

4. Diatas adalah contoh sederhana syintax dari PHP. Langsung saja kalau sudah simpan filenya seterah dengan selera anda. Tetapi tidak boleh memakai spasi dalam penyimpanan nama tsb. Hanya boleh menggunakan huruf, angka, strip, dan garis bawah. Contoh "index","buku-ku","hal_login". Tapi ingat jangan lupa filenya berformatkan dengan diakhiri ".php" tanpa tanda kutip, contohnya  seperti di postingan saya sebelumnya.

5. Anda sudah selesai membuat sebuah file php dengan menggunakan syintax echo

Keterangan :
1. Dalam membuat sebuah file php adalah anda harus memperhatikan penulisan yang diawali dengan <?php dan diakhiri dengan ?> itu dalam penulisan source code php.
2. Dalam sebuah perintah / pernyataan pada source code php itu diakhir dengan semicolon( ; ). Contoh : echo "ini adalah akhir semicolon"

Gimana cara membuatnya tergantung penilaian anda. Anda baru saja mengenali apa yang dimaksud dengan "echo" dalam gaya penulisan saya. Untuk selanjutnya saya selaku admin segala coding akan memberikan tutorial lanjutan mengenai PHP. Jadi jangan lupa yah pantau terus website ini. Jangan lupa tinggalkan sebuah komentar agar lebih semangat membuat sebuah artikel.

Ok mungkin segitu saja dari saya, abapila ada tutur kata saya yang kurang berkenan di hati para pembaca mohon maafkan saya. Terima Kasih
- Segalacoding

Saya senang dengan namanya dunia teknologi. Maka dari itu saya masih ingin belajar tentang pemrograman berbasis web agar ilmu saya menjadi bertambah.
Terima Kasih

Artikel Terkait

Previous
Next Post »